Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

iklan 728 x 90

Kwarran Cianjur Seleksi 76 Orang Calon Anggota Pramuka Garuda


PRAMUKACIANJUR.OR.ID - Jelang Peringatan Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka Indonesia ke 57 tahun 2018, Kwartir Ranting (Kwaran) gerakan pramuka Kecamatan Cianjur menggelar seleksi calon anggota Pramuka Garuda angkatan tahun 2018 pada tanggal 29 Juli 2018 hingga 5 agustus 2018 kemarin.

Acara yang berlangsung di Komplek SMPN 1 Cianjur, jl. Siliwangi ini diikuti para anggota pramuka pada tingkat Siaga usia 7 hingga 10 tahun, Penggalang pada usia 11 hingga 15 tahun dan Penegak di usia 16 hingga 20 tahun serta tingkat Pandega yang berusia antara 21 hingga 25 tahun yang tersebar di ratusan Gugus Depan Pramuka Kecamatan Cianjur.

Ketua Kwartir Ranting Cianjur, Agus Hariyanto  menyampaikan  setelah edaran diterbitkan dan disebar beberapa bulan yang lalu, pihak panitia menerima berkas usulan masuk sebanyak 76 berkas, lalu masuk tahap verifikasi berkas . Selanjutnya ke 76 peserta tersebut dipanggil ke Kwaran gerakan pramuka Cianjur untuk mengikuti tahapan seleksi kompetensi dasar, wawancara, teknik kepramukaan, hasta karya, PBB hingga kemampuan pendukung lainnya.

Terkait masalah jumlah peserta yang lolos dan berhak menyandang pramuka garuda. Agus menjelaskan setelah seleksi ini akan ada sidang dewan penilai atau tim penilai yang hasilnya akan diumumkan sebelum upacara besar Hari Ulang Tahun(HUT) Pramuka Indonesia ke 57 tahun 2018 di Kabupaten Cianjur yang diselenggarakan di Lapangan Upacara Kwartir Cabang Cianjur pada 20 agustus mendatang.

Agus menambahkan jika tujuan diselenggarakan seleksi pramuka garuda ini adalah untuk merangsang dan mendorong para pramuka agar senantiasa bersungguh-sungguh mengamalkan Satya dan Dharma pramuka serta melatih diri sehingga dapat menjadi teladan baik bagi anggota gerakan pramuka maupun anak-anak dan pemuda lainnya.

”Sasarannya adalah mengingatkan setiap pramuka untuk berusaha meningkatkan kecakapan dan keterampilan, sikap dan tindakannya sehingga dapat mempersiapkan diri tenaga pembangun Bangsa dan Negara. Selain itu, mewujudkan usaha kegiatan pendidikan bagi para remaja untuk menerapkan prinsip dasar metodik pendidikan kepramukaan serta menarik minat pramuka, anak-anak dan pemuda lain agar mengikuti jejak pramuka garuda,” tutur Agus.

Kwaran gerakan pramuka Cianjur berharap agar nantinya Kecamatan Cianjur memiliki anggota pramuka garuda di tingkatan masing-masing dan luar biasa dalam artian mereka yang sudah terseleksi dan melalui prosesnya. Kualitas dari pramuka garuda harus diutamakan tanpa melihat atau mengejar kuantitas yang dihasilkan.

Saat ini, Kwaran gerakan pramuka Cianjur juga sedang mempersiapkan pramuka garuda yang lolos pada tahun 2018 ini untuk dikukuhkan pada tingkat Kwartir Ranting Cianjur dan Tingkat Kwartir Cabang (Kwarcab) Cianjur.

Terhadap Gugus Depan lainnya, Agus berharap tahun depan dapat berpartisipasi dalam seleksi pramuka garuda sehingga pada setiap Gudep akan memiliki pramuka garuda dan mampu bersaing dengan kwarran lain dan tentunya harus menjalankan proses tahapannya sehingga pada gugus depan proses pengeisian Syarat Kecakapan Umum (SKU) dan Syarat Kecakapan Khusus (SKK) serta Tanda Kecakapan Umum (TKU) terhadap adik didik sesuai dengan yang tertera dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) gerakan pramuka. ”artinya, adik-adik didik yang dikirim tidak di karbit akan tetapi melalui proses yang memang betul-betul menjadi acuan menuju pramuka garuda,” tutupnya. [PC-00]

Post a Comment

0 Comments

Sistem Pengarsipan Digital