Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Sosialisasi Panduan Prasiaga di Kwarran Kadupandak dan Cijati


PRAMUKACIANJUR.OR.ID | Sebagai upaya sejak usia dini menumbuhkan karakter, semangat nasionalisme dan patriotisme generasi hebat anak Indonesia, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Cianjur memberikan sosialisasi panduan pramuka pra siaga  di semua Kwartir Ranting, dan hari ini giliran Kwarran Kadupandak dan Cijati menjadi sasaran sosialisasi panduan prasiaga.

Kegiatan ini diikuti oleh 87 orang peserta terdiri dari Pengawas TK, Guru dan Kepala TK/PAUD perwakilan masing-masing dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Majlis Pembimbing Ranting Kwarran kadupandak dengan narasumber Sekretaris Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Cianjur, Kak Ade Supriadi.

Dalam arahannya, Kak Ade Supriadi menyampaikan Pramuka Prasiaga ini bertujuan untuk mengenalkan nilai-nilai kepramukaan kepada anak melalui pengembangan karakter, fisik, kecakapan dan kemampuan berbuat kebaikan guna menjadi warga negara Indonesia yang tangguh dan siap menjadi bagian persaudaraan umat manusia di seluruh dunia yang saling menguatkan dan hormat menghormati satu sama lain.

“Pramuka Prasiaga  merupakan salah satu konsep pendidikan yang berfungsi untuk membentuk siswa sebagai manusia Indonesia yang memiliki karakter yang sangat baik diajarkan kepada anak sejak mereka berusia anak PAUD/TK yaitu 3-7 tahun,” ungkap Ade.

Menurut Ade, terdapat tiga area pengembangan dalam pengenalan pramuka pada anak usia dini yaitu pengembangan karakter, pengembangan fisik dan pengembangan kecakapan yang bertujuan memenuhi delapan kecerdasan anak usia dini dan perangsangan perkembangan motorik serta perkembangan kognitifi anak usia dini.

“Kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga, dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah dan praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan,” jelasnya.

Ade menambahkan materi Pramuka Prasiaga yang diberikan untuk pramuka usia dini berupa materi yang selayaknya diberikan untuk anak anak. Akan tetapi dalam hal ini, pemberi materi menyisipkan pengetahuan pramuka secara umum ke dalam materi yang biasa dilakukan.

“Misalnya sambil bermain dengan mengajar anak menggambar, bertepuk tangan, bernyanyi, bermain kerjasama dan media bermain lain yang dapat memperkenalkan anak pada pramuka. Pengenalan Pramuka pada anak usia dini yang meliputi sejumlah model ini ditujukan dalam memenuhi delapan kecerdasan anak usia dini dan perangsangan perkembangan motorik serta perkembangan kognitif anak usia dini,” tegas Ade.

Dalam kegiatan ini disampaikan sosialisasi pengenalan dasar kepramukaan mulai fungsi program, prinsip penyelenggaraan dan bentuk kegiatan kepramukaan yang akan diimplementasikan di lembaga masing-masing. [PKC.08]**




Post a Comment

0 Comments

Sistem Pengarsipan Digital