Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

iklan 728 x 90

Ratusan Peserta Perkemahan Pemantapan Calon Pramuka Garuda Mulai Memenuhi Area Kwarcab Cianjur


PRAMUKACIANJUR.OR.ID,- Ratusan  Anggota Pramuka  berbagai tingkatan siaga, penggalang dan penegak  dari berbagai Kwartir Ranting di Cianjur sejak pukul enam pagi sudah terlihat di halaman gedung Bale Kitri Kwartir Cabang Cianjur, dengan mengenakan seragam lengkap pramuka dan membawa beberapa perlengkapan kebutuhan pribadi, sebagian  nampak sudah mulai mengisi meja panitia untuk melakukan registerasi.

Ratusan anggota pramuka tersebut  adalah Calon Pramuka Garuda yang beberapa hari lagi akan dikukuhkan, mereka  hadir di Gedung bale Kitri Kwartir Cabang Cianjur untuk melaksanakan Perkemahan Pemantapan Pramuka Garuda Tahun 2022 yang diselenggarakan mulai tanggal 9-10 Agustus 2022 di Buper Mini Kwartir Cabang Cianjur Jl. Pramuka.

Pramuka Garuda ialah tingkatan tertinggi dalam setiap golongan Pramuka (Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega). Pramuka Garuda diatur dalam Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 038 tahun 2017 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda.

Seorang peserta didik yang telah mencapai tingkatan terakhir dalam golongannya, dan telah memenuhi persyaratan untuk menjadi Pramuka Garuda, berhak mengajukan permohonan kepada Kwartir melalui pembina gudepnya untuk dapat mengikuti uji kelayakan untuk dapat naik ke tingkatan Garuda. Setelah mengajukan permohonan, Kwartir akan mengevaluasi peserta didik itu tentang kelayakan, baik dalam segi mental, ataupun sisi kelayakan persyaratan. Setelah dinilai cakap dan memenuhi persyaratan, calon Pramuka Garuda akan wawancarai oleh tim penguji yang terdiri dari tokoh kwartir, gugus depan, guru, orang tua, dan tokoh masyarakat.

Setelah lulus tes wawancara dan tes kecakapan, seorang peserta didik akan dilantik menjadi Pramuka Garuda. Pelantikan biasanya diselenggarakan bertepatan dengan hari yang bermakna khusus, baik bagi peserta didik tersebut ataupun bagi Gerakan Pramuka, semisal: hari ulang tahun atau Hari Pramuka. Pelantikan umumnya dihadiri oleh Tim Penguji, orang tua dan tokoh Pramuka.






















 

Post a Comment

0 Comments

Sistem Pengarsipan Digital