Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

iklan 728 x 90

Saka Kapaltaru dan Wanabakti Undang Kak Adhyaksa Dault Buka Kemah di Makassar


PRAMUKACIANJUR.OR.ID- Jajaran Satuan Karya (Saka) Wanabakti dan Kalpataru yang dipimpin Kak Bambang Hendroyono berkunjung ke Kantor Kwartir Nasional Gerakan Pramuka di Jalan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Kamis (26/7/2018). Mereka diterima Wakil Ketua Kwarnas Bidang Lingkungan Hidup dan Kesakaan Kak Abdul Shobur beserta para pimpinan Kwarnas yang lain.

Kak Bambang yang juga menjabat Sekjen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengatakan, kedatangannya ke Kwarnas dalam rangka melaporkan progres kegiatan Saka Wanabakti dan Kalpataru. Salah satunya yang paling dekat adalah Perkemahan Bakti Saka Kalpataru dan Wanabakti (Pertikawan) yang akan di selenggarakan di enam tempat.

“Kedatangan kami di sini ya untuk koordinasi sekaligus menyampaikan progres kegiatan Saka Kalpataru dan Wanabakti, di mana dalam waktu dekat kedua Saka Gerakan Pramuka ini di bawah Kementerian LHK akan mengadakan Pertikawan,” ujarnya di Kantor Kwarnas.

Sebagai bagian tak terpisahkan dari Gerakan Pramuka, pihaknya perlu melakukan koordinasi dengan Kwarnas agar kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik. Ia menyebut, dari enam lokasi Pertikawan, yang paling dekat akan diadakan di Makassar Sulawesi Selatan pada 1-5 Agustus 2018. Ini merupakan kemah tingkat regional, mencakup wilayah Sulawesi dan Maluku.

“Pertikawan adalah kemah tingkat regional yang mencakup enam lokasi kemah. Selain Sulawesi Malaku, ada regional Bali dan Nusa Tenggara, lalu regional Sumatera, Kalimatan, Jawa, dan juga Papua,” terangnya.

Pertikawan untuk regional Bali Nusa Tenggara akan diadakan di Bali pada 6-10 September 2018, regional Sumatera diadakan pada Riau 24-28 September 2018, regional Kalimatan diadakan di Balikpapan pada 9-13 Oktober 2018, regional Jawa diadakan di Yogyakarta pada 16-20 Oktober 2018, dan regional Papua diadakan di Jayapura pada 4-8 November 2018.

“Kami berharap Ka Kwarnas Adhyaksa Dault bisa hadir dalam pembukaan Pertikawan di Makassar awal Agustus mendatang. Karena kedatangan Ka Kwarnas pastinya bisa menambah semangat adik-adik Pramuka yang ikut kegiatan ini,” jelasnya.

Sementara itu Kak Abdul Shobur mewakili Pimpinan Kwarnas menyatakan, pihaknya mendukung kegiatan Pertikawan agar berjalan sukses. Ia menyebut Saka Kalpataru dan Wanabakti salah satu Kesakaan Pramuka yang paling aktif mengadakan kegiatan. “Saya bersyukur Pinsakanya Pramuka asli jadi kegiatannya terus jalan nggak pernah sepi. Insya Allah Ka Kwarnas akan hadir, nanti kita sampaikan,” tuturnya.

Kak Bambang menargetkan, Pertikawan di masing-masing regional akan diikuti 3.500 peserta dari Pramuka Penegak dan Pandega. Karena itu kegiatan Pertikawan ini juga dibantu oleh Dewan Kerja, baik tingkat nasional, daerah, maupun cabang. (HA/AK)

Sumber : pramuka.or.id

Post a Comment

0 Comments

Sistem Pengarsipan Digital