Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

iklan 728 x 90

Cara Saka Wanabakti Cianjur Mencintai Hutan

TANAM POHON: Saka Wanabakti tanami pohon untuk memberikan semangat kepada anak-anak penggalang.
Oleh: H Nanang Rustandi

SATUAN Karya Pramuka (Saka) Wanabakti merupakan salah satu Saka dalam Gerakan Pramuka Indonesia selalu memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan khusus di bidang kehutanan dan lingkungan hidup serta menanamkan rasa cinta dan tanggung jawab dalam mengelola sumberdaya alam. Upaya menanamkan kecintaan terhadap hutan, Saka Wanabakti Jawa Barat turun kepada pengalang Cianjur untuk memberikan pembinaan.

Salah satu bentuk mencintai hutan itu dengan melakukan kegiatan di Lapangan Desa Cibulakan Cianjur. Kondisi hutan yang sudah tidak seperti dulu lagi membuat anggota Saka Wanabakti prihatin. Hutan gundul, sawah kekeringan, bencana melanda, semua itu tanpa disadari merupakan ulah manusia yang tidak bertanggung jawab. Penyelamatan hutan dan lingkungan hidup pun harus terus dilakukan bahkan di pupuk pada generasi selanjutnya sejak usia dini.

Sadar akan pentingnya menjaga dan melestarikan hutan sebagai alat pencegah erosi dan tanah longsor, serta untuk menyipan, mengatur, dan menjaga persediaan dan keseimbangan air di musim hujan dan musim kemarau membuat anggota Saka Wanabhakti turun memberikan kepada anak-anak Penegak dan Pandega.

Manfaat hutan yang begitu besar, untuk kehidupan umat manusia membuat anggota Saka Wanabakti makin sadar akan pentingnya menjaga dan melestarikan hutan sebagai alat pencegah erosi dan tanah longsor, serta untuk menyipan, mengatur, dan menjaga persediaan dan keseimbangan air di musim hujan dan musim kemarau, anggota Saka Wanabakti terus menanami dan merawat pohon untuk kelastarian hutan.

Suhu Cianjur khususnya daerah Desa Cibulakan Cianjur yang tidak seperti dulu lagi menjadi perhatian utama anggota pramuka khususnya Saka Wanabakti. Pepohonan banyak yang sudah hilang, air lebih cepat hilang saat musim kemarau tiba, serta suhu semakin panas sudah menghiasi daerah Cianjur.

Upaya untuk melestarikan hutan yang memiliki manfaat yang sangat besar pun terus dilakukan, diantaranya menanami hutan gundul, menjaga lingkungan, serta kegiatan lain yang berkaitan dengan alam dan kepramukaan.Sebagai salah satu bagian dari Pramuka, Saka Wanabakti pun tidak hanya melakukan pelestarian hutan dan lingkkungan juga tetap mendidik peserta dengan kegiatan kepramukaan.

Ini sangat penting untuk menumbuhkan menumbuhkan karekter bangsa Indonesia yang sudah terkenal dengan kebudayaan serta adat istiadatnya yakni bersahabat dengan lingkungan.

Dengan deberikannya materi kepramukaan dan pengetahuan tentang alam, serta melakukan penanaman pohon, anak-anak Penegak dan Pandega yang berada di Cianjur semakin mencintai hutan, serta lebih memiliki karakter bangsa Indonesia yang semestinya tetap dijaga dan di lestarikan. Melestarikan hutan merupakan tanggung jawab bersama, mari kita jaga dan lestarikan dari sekarang.(*)

Post a Comment

0 Comments

Sistem Pengarsipan Digital