Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

iklan 728 x 90

Rapat Kerja Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Cianjur Tahun 2023, Evaluasi dan Persiapan Agenda 2024


PRAMUKACIANJUR.OR.ID
| Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Cianjur  menyelenggarakan Rapat Kerja Cabang  (RAKERCAB) tahun 2023, . Acara diawali dengan upacara pembukaan di Ruang Garuda Pendopo Bupati Cianjur dan persidangan dilangsungkan di Aula Bale Kitri Kwarcab Cianjur (20/12).

Rakercab Cianjur Tahun 2023 merupakan kewajiban tahunan, diatur oleh Undang-Undang No 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka, serta Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Tujuan utamanya adalah menyampaikan progress report dan mengevaluasi rencana kerja Kwarcab Cianjur masa bakti 2021 – 2026.

Peserta Rakercab Cianjur 2023 terdiri dari Pimpinan Kwarcab, Andalan, Badan Pelaksana, dan Organisasi Pendukung Kwarcab Cianjur sejumlah 84 orang, serta utusan dari 32 Kwartir Ranting se Kabupaten Cianjur.

Rakercab kali ini dihadiri dengan tujuan spesifik, yakni mengevaluasi kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan pada tahun 2023 serta mempersiapkan agenda kegiatan untuk tahun 2024.

Dalam sambutannya Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Cianjur, Kak Budhi Rahayu Toyib, S.Sos., M.M – MT, menyampaikan berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan di tahun 2023, termasuk partisipasi dalam penanggulangan dampak pasca bencana gempa, dukungan pada program pencegahan stunting, serta upaya penanggulangan sampah melalui kegiatan Pramuka Peduli Sampah.

" Sebagai bentuk penghargaan, Berkenan Bapak Bupati selaku Kak Mabicab   menyerahkan penghargaan Tunggul Gugus Depan Tergiat kepada kepala sekolah selaku ketua mabigus dari 9 gugus depan terbaik pada lomba gugus depan tergiat tingkat kwarcab Cianjur Tahun 2023." Ucap Kak Budhi.


Sementara itu Bupati Cianjur Kak Herman Suherman, ST.,M.AP selaku Ketua Majlis Pembimbing Cabang Kwarcab Cianjur  menekankan pentingnya pembinaan dan pengembangan kepramukaan di Kabupaten Cianjur sebagai bagian dari pendidikan yang tidak hanya melatih karakter, prinsip, dan kecakapan, tetapi juga mengajarkan siswa tentang lingkungan hidup, keadaan darurat, dan keterampilan bertahan hidup di alam sekitar.

Sebagai organisasi kepramukaan tertua di Indonesia, Gerakan Pramuka diharapkan dapat terus berperan sebagai agen perubahan di masyarakat. Bupati menyatakan harapannya agar Rakercab bukan hanya menjadi kegiatan seremonial, melainkan dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mendiskusikan dan menyusun agenda kerja guna meningkatkan peran Pramuka di Kabupaten Cianjur.

Acara ini juga akan mendapatkan arahan dari Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat. [PKC/Hilma]**

Slide Foto

Post a Comment

0 Comments

Sistem Pengarsipan Digital