Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

iklan 728 x 90

LT-III Kwarcab Cianjur Tahun 2023 Resmi Digelar, Ayo Lihat Ragam Lombanya


PRAMUKACIANJUR.OR.ID
| Sebanyak 850 anggota Gerakan Pramuka Penggalang Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Cianjur mengikuti Lomba Tingkat (LT) III yang dihelat selama empat hari mulai 25-28 Desember 2023 bertempat di Bumi Perkemahan Mandala Kitri Cianjur, dan SMKN 1 Pacet Cianjur (Subcamp).

LT III merupakan pertemuan Pramuka Penggalang dalam bentuk perlombaan baik beregu maupun perorangan, dalam satu regu penggalang, yang dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari Lomba Tingkat 1 sampai Lomba Tingkat 5.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Ketua Harian Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Cianjur Kak Nana Suryana MT, Ia menyampaikan dalam arahannya bahwa, lomba tingkat ini sangat penting bagi penggalang untuk menempa kecerdasan, keterampilan, prestasi, dan karakter.

Menurutnya kegiatan yang bersifat lomba merupakan salah satu alat pendidikan yang efektif dalam merangsang dan memotivasi peserta untuk berprestasi dalam rangka mencapai tujuan sasaran Gerakan Pramuka.

" Berlomba dalam Gerakan Pramuka bukan untuk menang tapi untuk meningkatkan ketahanan spiritual, emosional, sosial, intelektual, fisik serta memupuk rasa persaudaraan, sportifitas dalam suasana riang gembira, sopan namun memegang teguh disiplin" Ucap Kak Nana.

Sementara itu Ketua Panitia Lomba Tingkat Regu Penggalang Tiga Kwarcab Cianjur Tahun 2023 Kak Haris Setiawan, S.Pd-LG melaporkan bahwa Lomba Tingkat regu penggalang Cianjur merupakan salah satu sarana meningkatkan prestasi serta sebagai evaluasi kualitas dari hasil pembinaan anggota Gerakan Pramuka golongan penggalang.

" Kegiatan ini dilaksanakan dengan berpegang teguh kepada prinsip dasar Kepramukaan dan Metoda Kepramukaan dan dilaksanakan dengan cara menarik, bermutu, kreatif, inovatif, dan rekreatif" Ucap Kak Haris.

Kak Haris juga melaporkan kegiatan yang dilaksanakan mulai 25-28 Desember 2023 mengambil tema Mandiri, kreatif, Inovatif dan Berprestasi, diikuti oleh 85 regu Penggalang antara lain SD Putera sebanyak 18 regu, SD Puteri 19 regu, SMP Putera 23 Regu, dan SMP Puteri sebanyak 25 Regu, dan melibatkan 181 orang panitia.

Ke 85 regu tersebut berasal dari Kwartir ranting Leles 4 Regu, Cipanas 4 Regu, Karangtengah 4 Regu, Sukaresmi 4 Regu, Cugenang 3 Regu, Sukaluyu 4 Regu, Sindangbarang 4 Regu, Cikalongkulon 2 Regu, Bojongpicung 4 Regu, Cianjur 4 Regu, Campakamulya 4 Regu, Pacet 2 Regu, Haurwangi 4 Regu, Cilaku 4 Regu, Naringgul 4 Regu, Agrabinta 4 Regu, Warungkondang 4 Regu, Cibeber 4 Regu, Mande 4 Regu, Cidaun 4 Regu, Tanggeung 2 Regu, Gekbrong 4 Regu, Kadupandak 1 Regu, Ciranjang 2 Regu, dan Takokak 2 Regu. 

" Peserta 85 regu utuh tersebut adalah regu Pramuka penggalang Berprestasi Tinggi di Lomba Tingkat II di Kwartir Rantingnya Masing-masing " tegas kak haris.

Terpisah, Sekretaris Bidang kegiatan Lomba Tingkat III Tahun 2023 Kak Tedi Ahmad Zaen menuturkan pada kegiatan Lomba Tingkat III tahun ini ada beberapa lomba yaitu ; Lomba Kehidupan Berkemah, Manajemen Regu,  Reportase, Packing/Manajemen Pengembaraan, Seragam dan Tanda Pengenal, Tata Perkemahan, Hasta Karya, Keagamaan (Kaligrafi), Teknologi IT, Reportase, Pengetahuan umum dan Kepramukaan, Pidato Bahasa Inggris, Dongeng Sunda, Pentas Seni Budaya, Sandi Isyarat dan Semboyan, Peta dan Kompas, Pengetahuan Kesehatan dan P3K, Menaksir, Dinamika Regu, Survival, Simpul dan Ikatan, KIM, Pionering, dan Halang rintang, Selain itu bagi Anggota Pramuka Dewasa ada kegiatan pertemuan pembinaan bagi para Pembina.

Kegiatan Lomba Tingkat III Tahun ini memiliki tema Mandiri, Kreatif, Inovatif, dan Berprestasi dengan Motto Satyaku Ku Darmakan, Dharmaku Ku Bhaktikan, kegiatan dilaksanakan mulai 25 - 28 Desember di Buper Mandala Kitri, dan SMKN 2 Pacet Cianjur sebagai Subcamp LT III tahun 2023. [PKC]**

Post a Comment

0 Comments

Sistem Pengarsipan Digital