Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

iklan 728 x 90

Kereen ! Ada Lomba Reportase di Arena LT III Kwarcab Cianjur Tahun 2023


PRAMUKACIANJUR.OR.ID
| Mata lomba berikutnya yang di lombakan di Arena Lomba Tingkat regu penggalang III tahun ini adalah  Lomba reportase, lomba ini dilaksanakan di sekitar arena Lomba Tingkat III yaitu Bumi Perkemahan Mandala Kitri, tahukah kalian apa itu Reportase.

Reportase adalah salah satu teknik meliput berita yang bertujuan untuk mengumpulkan fakta yang akan disusun sedemikian rupa jadi pemberitaan yang utuh dan informatif untuk orang banyak. Reportase berasal dari kata report yang berarti melaporkan atau memberitakan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), reportase adalah pemberitaan, pelaporan, dan laporan kejadian yang berdasarkan pengamatan atau sumber tulisan.

Subsie Kegiatan Kelompok IV pada LT III Kwarcab Tahun 2023 Kak Ekawati Sri Juwita, SE-LG menuturkan tujuan kegiatan reportase ini adalah agar peserta mampu membuat liputan berita yang menarik dan informatif, Setiap kegiatan kepramukaan tanpa diberitakan akan terasa kurang. Tidak banyak orang atau masyarakat yang tahu terkait apa saja yang dilakukan oleh anggota Gerakan Pramuka, jika setiap aktivitasnya tidak disebarluaskan melalui media. 

" Bukan berarti pamer atau riya, menyebarluaskan pemberitaan terkait kegiatan kepramukaan bisa meneguhkan citra positif Gerakan Pramuka. Pemberitaan atau reportase sangatlah penting untuk terus dilakukan, terlebih Gerakan Pramuka kini punya slogan, Setiap Pramuka Adalah Pewarta." Ucap Kak Ekawati.

Menurut Kak Ekawati ada Proses & Prosedur dalam kegiatan lomba ini diantaranya. Peserta mencari sumber berita (wawancara) diarea perkemahan, tema ditentukan saat akan lomba, peserta menyusun berita dengan ketik 1 spasi, berita yang disusun 2 lembar halaman dengan kertas ukuran A4, penyajian liputan diberi gambar penunjang (saat wawancara, obyek), berkas dikirim melalui softcopy, liputan berita diunggah di IG Kwarcab Cianjur dan LT-III Kwarcab Cianjur.

Selain itu menurut Kak Eka ada beberapa yang menjadi akses penilaian tim juri antara lain Muatan Inspirasi (ide/ gagasan) , objektivitas dan keberimbangan (sesuai dengan tema), Kedalaman dan Akurasi (Informasi harus akurat karena dari sumber informasi), Sistematika penulisan, dan Cara penyampaian (presentasi) proses, penguasaan teknik komputer, serta hasil penugasan.     

Adapun Tim Juri pada Lomba Reportase ini adalah Kak Kristiono Tripriadi, SS-LT, Kak Cinde Adia Diningsih, M.Pd- MT, dan Kak Yayan Hadyanto, S. Pd-MT.

Kegiatan Lomba Tingkat III Tahun ini memiliki tema Mandiri, Kreatif, Inovatif, dan Berprestasi dengan Motto Satyaku Ku Darmakan, Dharmaku Ku Bhaktikan, kegiatan dilaksanakan mulai 25 - 28 Desember di Buper Mandala Kitri, dan SMKN 2 Pacet Cianjur sebagai Subcamp LT III tahun 2023.[PKC]**

Post a Comment

0 Comments

Sistem Pengarsipan Digital