Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

iklan 728 x 90

Tiga Gugus Depan Cianjur Jadi Objek Simulasi Asesor Akreditasi


PRAMUKACIANJUR.OR.ID
¬¬ Peserta Evaluasi Pelaksanaan Akreditasi Tahun 2024 yang merupakan Asesor Akreditasi melakukan simulasi pelaksanaan akreditasi yang dilaksanakan dengan melibatkan langsung gugus depan di Cianjur, Simulasi akreditasi gugus depan  dilaksanakan sebagai bagian dari agenda kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Akreditasi Tahun 2024 yang dilaksanakan mulai tanggal 29 hingga 30 Mei 2024 di Hotel Cianjur.

Proses evaluasi dan penilaian terhadap kinerja serta infrastruktur gugus depan dalam menjalankan kegiatan kepramukaan menjadi ruang lingkup simulasi akreditasi.

Ketua Bidang Organisasi dan Perencanaan Program Kak Drs. H.M. Syahrul Koswara, M.M. menjelaskan Evaluasi Akreditasi  Kwarda Jabar ini melalui dua tahap yaitu verifikasi dan validasi data, dan hari ini (30/5) kita akan melakukan simulasi  visitasi ke pangkalan. 

"Setiap kwarcab mengirimkan 3 orang perwakilan dan  melakukan simulasi  dipecah menjadi visitasi, yaitu visitasi siaga, visitasi penggalang, dan visitasi penegak, pangkalan yang dijadikan simulasi visitasi ada tiga pangkalan , yaitu SDN Panyaweuyan untuk perwakilan golongan  siaga, MTs Assaidiyyah perwakilan golongan  penggalang, dan SMAN 1 Sukaresmi perwakilan golongan Penegak" Ujar Kak Syahrul.

Untuk diketahui Akreditasi gugus depan adalah proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen Gerakan Pramuka terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan program pendidikan kepramukaan, untuk menentukan kelayakan program dan satuan  pendidikan. Akreditasi gugus depan dilakukan oleh tim asesor yang terdiri atas unsur- unsur yang memahami hakekat pengelolaan gugus depan. 

Mutu pendidikan didasarkan pada evaluasi dan penilaian terhadap berbagai bukti yang terkait dengan standar yang ditetapkan dan berdasarkan nalar dan pertimbangan para asesor. Bukti-bukti yang diperlukan termasuk laporan tertulis yang disiapkan oleh gugus depan yang diakreditasi, diverifikasi melalui visitasi tim asesor ke gugus depan.

Sesuai Peraturan Kwartir Nasional perihal Instrumen Portofolio Gugus depan Terakreditasi, komponen portofolio meliputi; Data Keanggotaan, Standar Administrasi Gugus depan, Standar Pengelolaan Gugus depan, Standar Kompetensi Pembina, Standar Kegiatan, Standar Pencapaian SKU – SKK- SP Garuda, Standar Sarana Prasarana, Pengalaman Pembina mengikuti kegiatan pada Bidang Pendidikan, Sosialdan Keagamaan, Penghargaan dan Prestasi.

Seperti diberitakan sebelumnya Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat Kak Atalia Praratya membuka acara Evaluasi Pelaksanaan Akreditasi tahun 2024 di Hotel Cianjur, Kabupeten Cianjur. Rabu, (29/5).

Dalam kesempatan tersebut Kak Atalia berharap bahwa dengan dilaksanakannya Akreditasi dapat meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan khususnya pendidikan kepramukaan di Jawa Barat.

Selain itu, Kak Atalia juga berharap kepada para Asesor dari masing-masing Kwarcab yang akan melaksanakan akreditasi selain melakukan pendampingan juga harus bisa meningkatkan kepercayaan terhadap gugus depan. Sehingga kedepan gudep bisa melaksanakan program dengan baik dan penuh semangat. [PKC]**

Post a Comment

0 Comments

Sistem Pengarsipan Digital