Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

iklan 728 x 90

Bikin Laper, Ada Lomba Masak Praktis di Arena LT III Kwarcab Cianjur 2023


PRAMUKACIANJUR.OR.ID
| Lomba Memasak Praktis  digelar satu lokasi, yaitu di aula bawah Bumi Perkemahan Pramuka Mandala Kitri Cibodas Cianjur,. Kegiatan yang berlangsung Selasa (26/12) sore itu dilaksanakan dalam suasana mendung  hujan.

Kak Rosmayati, S.Pd-ALG selaku penanggungjawab kegiatan Lomba Masak Praktis  mengatakan, peserta adalah sebanyak empat orang, perwakilan dari masing-masing regu dengan presedur sebagai berikut:

  • Petugas Mengumpulkan Pemimpin Regu di lapangan kemah Induk
  • Peserta menerima penugasan/pengarahan
  • Peserta Melaksanakan masak sederhana dan praktis,selama waktu yang telah ditentukan yaitu selama 90 Menit.
  • Peserta membuat masakan praktis  untuk makan malam regunya ( 8 orang ) :
  • Natura dan Alat masak disiapkan regunya masing-masing,
  • Peserta diperkenankan membuat menu sesuai natura yang dibawanya.
  • Peserta yang telah selesai, menyajikan makanannya di tempat yang ditentukan.
  • Selama pengerjaan dewan juri akan menilai proses masaka praktis dan tanya jawab.
Peserta  menyiapkan   Peralatan masak, peralatan makan dan minum,  Proses dan Hasil masakan menjadi aspek penilaian dalam lomba masak praktis ini.



Menurut Kak Rosmayati pada umumnya  anggota pramuka mempelajari berbagai ilmu keterampilan untuk meningkatkan kreativitas, wawasan, hingga skill-skill untuk bertahan hidup, termasuk kemampuan untuk memasak beragam hidangan. Bahkan, dalam setiap acara jambore atau kegiatan pramuka lainnya, selalu diselenggarakan lomba memasak untuk para anggota Pramuka tingkat penggalang.

" Dibalik lomba tersebut, tada beberapa tujuan positif dan nilai-nilai kepramukaan yang dapat dipetik oleh para peserta lomba yakni, kecakapan hidup, kreativitas, dan kompetisi. " Ucap Kak Ros.

Tim Juri yang menilai kegiatan masak praktis ini adalah Kak Mamat Ahmadi, MT. Kak Hasanah, S.Pd.SD – MG, Kak Yanti Rosdianti, S.Pd – LSGT, dan Kak Aminul Hayat, S.Pd.I – ALG.

Diketahui Kegiatan Lomba Tingkat III Tahun ini memiliki tema Mandiri, Kreatif, Inovatif, dan Berprestasi dengan Motto Satyaku Ku Darmakan, Dharmaku Ku Bhaktikan, kegiatan dilaksanakan mulai 25 - 28 Desember di Buper Mandala Kitri, dan SMKN 2 Pacet Cianjur sebagai Subcamp LT III tahun 2023. [PKC]**

Post a Comment

0 Comments

Sistem Pengarsipan Digital