Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

iklan 728 x 90

Dinamika Regu : Baris Berbaris dan Yel Regu


PRAMUKACIANJUR.OR.ID | Regu-regu melaksanakan dinamika regu berupa Lomba Baris Berbaris dan Yel Regu  di hari ketiga Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang Tiga  (LT-III) Tahun 2023, Rabu (27/12), bertempat di Aula Bumi Perkemahan Mandala Kitri Cibodas Cianjur, Lomba Baris Berbaris dilaksanakan dengan tujuan selain berkompetisi, peserta mampu melakukan gerakan Baris-berbaris  dengan baik dan benar.

Satu tim penuh regu mengikuti lomba ini dengan beberapa tahap dan prosedur yang telah ditentukan oleh panitia. Pemimpin regu menampilkan gerakan baris-berbaris berdasarkan pedoman baris- berbaris dengan menggunakan tongkat, setelah melaksanakan gerakan sesuai penugasan, setiap regu melakukan peragaan variasi / kolone tongkat , selama maksimal 3 menit, setelah Kolone Tongkat diakhiri dengan Yell Regu selama 2 menit.

Dengan arena baris-berbaris berukuran 10 x 16 meter, setiap regu melaksanakan mata lomba ini diberikan waktu oleh panitia maksimal 5 menit. Melalui Petunjuk Teknis, panitia telah menentukan aspek-aspek yang dinilai, yaitu ketepatan gerak dengan aba-aba, kekompakan, semangat Variasi/Kolone  Tongkat, originalitas Yell dan kelengkapan regu.

Baris – berbaris dalam gerakan pramuka merupakan suatu latihan fisik yang digunakan untuk menanamkan rasa disiplin. Kekompakkan gerakan suatu regu atau kelompok berbaris sangat ditentukan oleh kedisiplinan dari masing – masing anggotanya. Dalam mempelajari gerakan baris – berbaris, kita akan mengenal aba – aba, gerakan perorang, gerakan dasar dan gerakan pasukan. Baris – berbaris adalah elemen dasar untuk menilai suatu kelompok. Sebab, baris – berbaris mengajarkan kekompakkan, kerapian, dan kebersamaan sebuah kelompok.

Peraturan baris-berbaris di dalam kegiatan pramuka biasanya digunakan dua macam yaitu baris berbaris menggunakan tongkat dan baris-berbaris tanpa menggunakan tongkat, untuk aturan baris berbaris menggunakan tongkat memiliki Aturan tersendiri sedangkan aturan baris-berbaris tanpa menggunakan tongkat mengikuti aturan dari TNI / POLRI.

Tim Juri yang melaksanakan penilaian dalam lomba ini adalah Kak Mamat Ahmadi, MT, Kak Ginanjar, S. Pd-MG, dan Kak  Cecep nasrudin, S. Pd-MG.

Diketahui Kegiatan Lomba Tingkat III Tahun ini memiliki tema Mandiri, Kreatif, Inovatif, dan Berprestasi dengan Motto Satyaku Ku Darmakan, Dharmaku Ku Bhaktikan, kegiatan dilaksanakan mulai 25 - 28 Desember di Buper Mandala Kitri, dan SMKN 2 Pacet Cianjur sebagai Subcamp LT III tahun 2023. [PKC]**

Post a Comment

0 Comments

Sistem Pengarsipan Digital