Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

iklan 728 x 90

Menantang di Lomba Halang Rintang LT III Kwarcab Cianjur


PRAMUKACIANJUR.OR.ID | Salah satu mata lomba yang dilaksanakan pada hari ketiga Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang Tiga (LT-III) Tahun 2023 adalah Halang Rintang. Sebuah lomba yang mengharuskan para peserta fokus, sigap, dan tangkas, kegiatan dilaksanakan di area Perkemahan Area Perkemahan Putri (Kempi) 2, dimulai pukul 13.00 WIB, Rabu (21/06/2023) bersamaan dengan beberapa lomba lainnya.

Subsi kegiatan Kelompok II LT-III Kwarcab Cianjur Kak Endang Suryana,S.Kom-ALG mengatakan kegiatan halang rintang dilaksanakan dengan tujuan Meningkatkan ketangkasan, disiplin, rasa percaya diri dan sikap siap bela negara.

Menurutnya Halang rintang atau melintasi halang rintang adalah satu kegiatan pramuka di alam terbuka yang bertujuan memberikan kegiatan yang menarik, menantang dan penuh romantika dalam rangka memenuhi rasa ingin tahu, mencoba hal-hal baru, mencari pengalaman yang hebat dalam sebuah petualangan. Memberikan kepuasan atas pencapaian sebuah hasil kerjasama kelompok dalam sebuah kegiatan penuh tantangan, melatih, membinda dan mengembangkan mental, fisik, pengetahuan, pengalaman dan ketrampilan para pramuka di alam terbuka.

" Setiap regu mengirimkan 5 perwakilannya untuk mengikuti lomba ini. Peserta diharapkan dapat bekerjasama melewati halang rintang dengan cepat dan selamat " Kata Kak Endang.

Regu yang mengikuti kegiatan lomba ini harus melalui proses dan prosedur yang diberikan oleh panitia antara lain, peserta  berkumpul di areal Halang Rintang, panitia akan  mengundi urutan regu peserta, kegiatan Halang Rintang dilaksanakan dengan sistem kompetisi estapet Halang Rintang.

Peserta akan di kelompokan dalam group sesuai hasil undian,  dilombakan dalam sesi penyisihan, semi final dan final, setiap sesi terdiri atas 2-4 kelompok tergantung jumlah peserta.


Setiap orang dari setiap regu akan ditempatkan di Halng Rintang yang telah disediakandengan urutan sebagai berikut :
  • Orang ke- 1 berada dititk start, kemudian lari, menyerahkan tongkat estapet kepada orang ke 2
  • Orang ke-2 menerima tongkat estapet, kemudian melewati rintangan merayap, lalu berlari menuju orang ke-3 dan menyerahkan tongkat estafet
  • Orang ketiga menerima tongkat estafet, kemudian melewati Rintangan Jembatan goyang, lalu menuju orang ke – 4 dan menyerahkan tongkat estafet
  • Orang ke-4 menerima tongkat estafet kemudian melewati rintangan Flying Fox Air, menuju orang ke-5 dan menyerahkan tongkat estafet.
  • Orang ke-5 menerima tongkat estafet kemudian berlari menuju garis finish
  • Orang Ke 1,2 dan 3 setelah melewati rintangan kembali menuju titik start/finish.
Adapun tim juri yang melaksanakan penilaian dalam lomba halang rintang untuk putera adalah  Kak Cecep Mulyana, S. Pd- MG,  Kak Andi Rustandi, S. Pd-MG, Kak  Ipan Jamahsari, S. Pd-MG, Kak  Yati Suciati, Kak Haslinda D, S. Pd, MMT-LG, Untuk Puteri Kak Sanah, S. Pd. SD-MG, Kak Yanti Rosdianti, S. Pd-LSGT, Kak. Rosmayati, S. Pd-ALG, Kak  Laelasari, S. Pd-LS, Kak  Eli Latifah, S. Ag, M. Pd. I-MG
dan Kak Rahmia Nurul R, S. Pd-MG.

Kecepatan melewati halang rintang  menjadi penilaian yang utama dalam kegiatan lomba halang rintang ini.

Diketahui Kegiatan Lomba Tingkat III Tahun ini memiliki tema Mandiri, Kreatif, Inovatif, dan Berprestasi dengan Motto Satyaku Ku Darmakan, Dharmaku Ku Bhaktikan, kegiatan dilaksanakan mulai 25 - 28 Desember di Buper Mandala Kitri, dan SMKN 2 Pacet Cianjur sebagai Subcamp LT III tahun 2023. [PKC]**


Post a Comment

0 Comments

Sistem Pengarsipan Digital