Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

iklan 728 x 90

Lomba Tata Perkemahan di Arena LT III Kwarcab Cianjur 2023


PRAMUKACIANJUR.OR.ID
| Berkemah merupakan kegiatan yang menyenangkan. Kegiatan berkemah dapat memberikan pengalaman baru di alam terbuka dan menambah rasa percaya diri. Selain itu, berkemah adalah kegiatan yang murah untuk mengenal dan menikmati keindahan alam secara langsung.

Berkemah  merupakan salah satu kegiatan dalam kepramukaan yang dilaksanakan secara terbuka dan di lapangan luas. Kegiatan ini merupakan salah satu media pertemuan untuk antara anggota pramuka dengan penggalang. Nah kali ini di arena Lomba Tingkat III Kwarcab Cianjur sedang dilaksanakan Lomba Tata Perkemahan Tingkat Penggalang SD yang dilaksanakan di Area Perkemahan Mandala Kitri.(25/12).

Pembina Perkemahan Putri SD pada LT III Kwarcab Cianjur, Kak Laelasari, S.Pd-LS mengatakan tujuan dilaksanakan Lomba Tata Perkemahan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan anggota Pramuka dalam  membangun areal perkemahan termasuk menata dan melengkapi kebutuhan perkemahan yang sesuai dengan prinsip perkemahan sebagai alat pendidikan. 

" Sebelum melakukan kegiatan berkemah kita harus merencanakan dengan baik. Rencana kegiatan yang dibuat harus bersifat menyeluruh, terinci, dan terpadu." Ucap Kak Laelasari.

Menurutnya dalam lomba tata perkemahan ini adaproses dan prosedurnya diantaranya konsep Berkemah adalah perkemahan berpindah, peserta mendirikan perkemahan dikaplingnya masing-masing melengkapi dan memelihara lingkungan perkemahan sepanjang perkemahan Nanti Tim penilai melakukan kunjungan untuk wawancara dan observasi menilai tata perkemahan meliputi kontruksi, tata letak, dan kelengkapan perkemahan. 

" Yang menjadi aspek penilaian dalam lomba ini adalah kelengkapan, tata letak perkemahan, estetika, dan penerapan teknik keterampilan kepramukaan" jelas Kak Laela.

Sebagai tambahan wawasan ini ada tips berkaitan dengan berkemah, Perlengkapan yang diperlukan untuk berkemah terdiri atas dua bagian, yaitu: Perlengkapan regu dan perlengkapan pribadi, perlengkapan regu terdiri dari tenda, tali, tikar, tongkat, patok, perlengkapan obat-obatan (P3K), alat penerangan (senter, lampu badai, korek api), alat masak (panci, wajan, ceret, ember, pisau), makanan dan minuman (gula, teh, kopi, beras, kecap, dan lain-lain).. Perlengkapan setiap peserta (pribadi) Perlengkapan pribadi terdiri dari pakaian, sepatu, tas ransel, handuk, kaos kaki, jas hujan, sikat gigi, piring, gelas, dan sendok.

Hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan lokasi berkemah yang aman antara lain: Daerahnya cukup luas untuk penyelenggaraan kegiatan-kegiatan, tersedia cukup banyak air, tidak terlalu jauh dari perkampungan penduduk, tidak ada binatang buas, tersedia kayu bakar, dan  memiliki pemandangan alam yang asri tentunya.

Kegiatan Lomba Tingkat III Tahun ini memiliki tema Mandiri, Kreatif, Inovatif, dan Berprestasi dengan Motto Satyaku Ku Darmakan, Dharmaku Ku Bhaktikan, kegiatan dilaksanakan mulai 25 - 28 Desember di Buper Mandala Kitri, dan SMKN 2 Pacet Cianjur sebagai Subcamp LT III tahun 2023. [PKC]**

Post a Comment

0 Comments

Sistem Pengarsipan Digital