Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

iklan 728 x 90

Lomba Pionering Melatih Kerjasama dan Skill Simpul Ikatan


PRAMUKACIANJUR.OR.ID | Delapan  anggota dari masing-masing regu peserta Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang Tiga (LT-III) Kwarcab Cianjur tahun 2023 melaksanakan lomba pembuatan pioneering dengan jenis kontruksi yang ditentukan oleh panitia.

Di hari ketiga pelaksanaan LT-III Tahun 2023, Rabu (27/12), para peserta diberikan waktu 90 menit  untuk membuat Tema Bangunan/Pioneering Tiang Bendera  dengan 16 tongkat gambar pioneering yang  ditentukan juri/panitia, jumlah Tongkat 16 buah ukuran 160 cm, diperbolehkan menggunakan tongkat regu disediakan dan diserahkan oleh pembina kepada peserta saat akan memula lomba.

Dengan waktu pembuatan gambar maksimal 15 menit, peserta juga diminta merinci dan mengambil kebutuhan bahan. Kemudian peserta membangun konstruksi sesuai gambar yang telah dibuat di titik lokasi yang ditentukan oleh panitia dengan durasi waktu maksimal 90 menit.

Dalam mata lomba ini, aspek penilaian yang ditentukan antara lain ketepatan, kekuatan, kerjasama dan kecepatan serta  hasil akhir, penilaian dilakukan sepanjang proses kegiatan. Juri dapat melakukan tanya jawab kepada peserta selama proses berlangsung.

Tim Juri yang melaksanakan penilaian pada kegiatan lomba pionering ini adalah Kak Endang Suryana , S. Kom-ALG, Kak Debiansah Hamidi, S. Pd-MG, dan Kak Aminul Hayat, S. Pd. I-ALG.





Pionering adalah salah satu teknik kepramukaan dengan memanfaatkan tongkat dan tali untuk membentuk sebuah model atau bentuk. Pada dasarnya teknik pionering ini merupakan teknik dasar untuk membuat sebuah objek bangunan yang ada di dunia nyata.

Hanya saja bahan bakunya menggunakan tali dan kayu (Pramuka). Berbagai model seperti tiang bendera, jembatan, menara, dan lain sebagainya dapat dibentuk dengan menggunakan kombinasi tongkat dan tali.


Dalam proses pembuatan pionering perlu memperhatikan 4 aspek utama yaitu, tongkat, tali, simpul dan ikatan. Keempatnya adalah satu kesatuan yang memiliki peran masing-masing dari setiap prosesnya. Materi tentang tali temali memiliki peran yang cukup penting untuk bisa membangun sebuah pionering. 

Kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan baru ilmu kepramukaan dan mengasah skill anggota Pramuka dalam membuat sebuah model sederhana. Nantinya ilmu tersebut dapat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari pada saat dan sesudah kegiatan Pramuka.[PKC]**

Post a Comment

0 Comments

Sistem Pengarsipan Digital