Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

iklan 728 x 90

LT-III : Lomba Sandi, Isyarat, dan Semboyan Tingkat Penggalang SMP


PRAMUKACIANJUR.OR.ID
| Sandi, Isyarat, dan Semboyan menjadi mata lomba di Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang Tiga (LT-III) Kwarcab Cianjur tahun 2023, setiap regu mengirimkan pesertanya sebanyak 8 orang dan beradu skill sandi isyarat dan morse di lapangan Bumi Perkemahan Mandala Kitri Cibodas Cianjur.

Kegiatan lomba ini bertujuan agar peserta LT-III dapat menterjemahkan sandi, menyampaikan dan menerima pesan dengan menggunakan isyarat semaphore dan isyarat morse. 

Setiap regu mengirimkan delapan orang peserta untuk dibagi menjadi 4 kelompok, kelompok 1  petugas akan memberikan soal Sandi, kemudian kelompok 1 menterjemahkan sandi sesuai penugasan. Selanjutnya hasil sandi diserahkan kepada Kelompok 2 lalu kembali ke Titik Kelompok 1.

Kelompok 2 sebanyak  2 org, orang ke-1 di kelompok 2,  menerima Pesan dari Kelompok 1, orang ke-2 , kemudian orang kedua  mengirimkan pesan tersebut ke kelompok 3 dengan Isyarat Semaphore, dilanjutkan dengan kelompok 3 : 2 org, 1 org penerima Pesan dari Kelompok 2 dengan Isyarat Semaphore, org ke-2 sebagai pencatat, kemudian Orang ke-2 mengirimkan Pesan/Soal tersebut ke org pertama Kelkompok 4 dengan menggunakan IsyaraT Morse Bendera.

Kelompok 4 : 2 Orang, Orang Pertama Menerima Pesan/soal dari Kelompok 3 dengan menggunakan isyarat Morse Bendera, Orang ke 2 sebagai pencatat, Setelah selesai secepatnya menyerahkan Hasil Jawaban kepada Juri/Petugas  

Teknik mengirim dan menerima,  hasil  penugasan, kecepatan akan menjadi aspek penilaian yang akan dinilai oleh Tim Juri, tim juri putera terdiri dari Kak Hari Setiawan, S.Pd-LG, Kak Deni K, dan Kak Deki yudiaka, S.Pd-MS, dan untuk juri puteri terdiri dari Kak HM Sidik Mulyadi, M.Pd- LG, Kak Sholihudin, S.Si- ALT dan Kak Yayan Hadiyanto, S.Pd-MT. 

Semaphore merupakan suatu cara untuk mengirim dan menerima berita dengan menggunakan bendera. Selian itu bisa juga menggunakan dayung, batang, tangan kosong atau dengan sarung tangan. Informasi yang didapat dibaca melalui posisi bendera atau tangan. Namun kini yang umumnya digunakan adalah bendera, yang dinamakan bendera semaphore. Pengiriman sandi melalui bendera semaphore ini menggunakan dua bendera, yang masing-masing bendera tersebut berukuran 45 cm x 45 cm. Bentuk bendera yang persegi merupakan penggabungan dua buah segitiga sama kaki yang berbeda warna. Warna yang digunakan sebenarnya bisa bermacam-macam, namun yang lazim digunakan adalah warna merah dan kuning, dimana letak warna merah selalu berada dekat tangkai bendera. Pada awal abad ke 19, semaphore digunakan dalam komunikasi kelautan.

Diketahui Kegiatan Lomba Tingkat III Tahun ini memiliki tema Mandiri, Kreatif, Inovatif, dan Berprestasi dengan Motto Satyaku Ku Darmakan, Dharmaku Ku Bhaktikan, kegiatan dilaksanakan mulai 25 - 28 Desember di Buper Mandala Kitri, dan SMKN 2 Pacet Cianjur sebagai Subcamp LT III tahun 2023. [PKC]**

Post a Comment

0 Comments

Sistem Pengarsipan Digital