Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

iklan 728 x 90

Tanamkan Rasa Cinta Al-Quran Melalui Lomba Khat Kaligrafi


PRAMUKACIANJUR.OR.ID | Sesuai jadwal dan juga matrik kegiatan, LT-III tahun 2023 Kwartir cabang  Gerakan Pramuka Cianjur saat ini sedang dilaksanakan lomba di bidang Keagamaan yaitu Lomba  Kaligrafi yang diikuti oleh Peserta Pramuka Penggalang SD maupun SMP, setiap regu mengirimkan anggotanya sebanyak 1 orang bertempat di Aula Cadika Bumi Perkemahan Mandala Kitri Cibodas Cianjur.

Apabila mendengar kata kaligrafi, sebagian dari kamu mungkin akan langsung merujuk pada seni menulis indah yang tersusun dalam bahasa Arab, baik sekadar tulisan huruf Arab ataupun kalimat yang diambil dari firman Allah.

Namun jika melihat dari asal kata, 'kaligrafi' merupakan istilah dari bahasa Latin yaitu 'kallos' artinya indah dan 'graph' artinya tulisan atau aksara. Demikian, kaligrafi menurut buku Seni Kaligrafi Islam oleh Sirojuddin A.R., adalah kepandaian menulis elok (indah) atau tulisan elok.

Dalam bahasa Arab, seni menulis indah ini disebut Khat (bermakna: garis atau tulisan indah). Sehingga, tulisan indah menggunakan bahasa Arab yang mungkin pernah detikers lihat dikenal dengan kaligrafi Arab atau Khat.

Subsie kegiatan kelompok 1 pada LT III Kwarcab Cianjur Kak Sulaeman, S.PdI-LG mengatakan tujuan diselenggarakan lomba kaligrafi ini adalah untuk menanamkan rasa cinta Al-Quran melalui seni kaligrafi.

Menurut Kak Sulaeman, Lomba Kaligrafi ini akan menuliskan surat Al-Humazah dengan Khat Naskhi, Kaligrafi Naskhi disebut juga khat Nasakh. Aliran kaligrafi satu ini cenderung memiliki bentuk yang geometris. Tanpa diukir dengan sejumlah struktur dan komponen yang kompleks. Khat Naskhi termasuk kategori kaligrafi yang berasal dari jazirah Arab.

" Prosedurnya petugas akan memberikan penjelasan teknis kepada peserta, panitia hanya menyediakan kertas gambar ukuran A3 adapun Pigura ukuran A3 dan perlengkapan  lain disediakan peserta dan waktu pengerjaan selama 120 menit ( maksimal ), adapun aspek yang akan dinilai dari lomba kaligrafi ini adalah  kerapihan, khat, dan perpaduan warna serta Estetika" Ucap kak Suleman

Adapun Tim juri yang akan menilai Lomba Kaligrafi ini adalah Kak Yayan Hadiyanto, S.Pd-MT, Kak Devi ruhyadi, S.Pd.I - LG dan Kak H.M. sidik Mulyadi, M. Pd-LG.

Seperti diketahui kegiatan pada LT-III tahun 2023 ini terbagi dalam 6 ruang lingkup, yaitu Bidang Mental Spiritual dan Pengamalan Nilai-nilai Pancasila, serta Adat Istiadat Bangsa, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Keterampilan Kepramukaan, Cinta Tanah Air dan Bela Negara, Manajerial dan Keterampilan Hidup, dan Seni Budaya yang di aktualisasikan menjadi 24 Jenis Lomba pada LT III Gerakan Pramuka Kwarcab Cianjur Tahun ini.

Sekretaris Bidang kegiatan Lomba Tingkat III Tahun 2023 Kak Tedi Ahmad Zaen menuturkan pada kegiatan Lomba Tingkat III tahun ini ada beberapa lomba yaitu ; Lomba Kehidupan Berkemah, Manajemen Regu,  Reportase, Packing/Manajemen Pengembaraan, Seragam dan Tanda Pengenal, Tata Perkemahan, Hasta Karya, Keagamaan (Kaligrafi), Teknologi IT, Reportase, Pengetahuan umum dan Kepramukaan, Pidato Bahasa Inggris, Dongeng Sunda, Pentas Seni Budaya, Sandi Isyarat dan Semboyan, Peta dan Kompas, Pengetahuan Kesehatan dan P3K, Menaksir, Dinamika Regu, Survival, Simpul dan Ikatan, KIM, Pionering, dan Halang rintang, Selain itu bagi Anggota Pramuka Dewasa ada kegiatan pertemuan pembinaan bagi para Pembina.

Kegiatan Lomba Tingkat III Tahun ini memiliki tema Mandiri, Kreatif, Inovatif, dan Berprestasi dengan Motto Satyaku Ku Darmakan, Dharmaku Ku Bhaktikan, kegiatan dilaksanakan mulai 25 - 28 Desember di Buper Mandala Kitri, dan SMKN 2 Pacet Cianjur sebagai Subcamp LT III tahun 2023.[PKC]**

Post a Comment

0 Comments

Sistem Pengarsipan Digital