Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

iklan 728 x 90

Penjelajahan LT-III : Lomba Kompas Tingkat Penggalang SD


PRAMUKACIANJUR.OR.ID | Kompas adalah sebuah alat bantu navigasi penunjuk arah mata angin secara magnetis yang memanfaatkan medan magnet bumi, materi ini menjadi salah satu mata lomba pada kegiatan  Penjelajahan Lomba Tingkat III Kwartir Cabang Cianjur Tahun 2023 yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Mandala Kitri Cibodas Cianjur (26/12).

Tim Penilai Kompas Kak Endang Suryana, S.Kom-ALG saat mengawali penilaian dan bertemu dengan para peserta penggalang SD mengatakan jika Kompas adalah bagian dari teknik kepramukaan yang perlu kita kuasai dalam berbagai kegiatan lapangan. Oleh karena itu, jenis, bagian dan fungsi kompas terdapat di Syarat Kecakapan Umum (SKU) mulai dari tingkat Siaga sampai Penegak.




" Poin SKU ke-24 Pramuka Penggalang Ramu berbunyi “Dapat menjelaskan kompas, menaksir tinggi dan lebar” Sedangkan untuk poin SKU ke-24 Pramuka Penggalang Rakit berbunyi “Dapat menggunakan kompas dan membuat Peta Pita, menaksir kecepatan arus dan kedalaman” Ucap Kak Endang.

Kak endang juga menyampaikan instruksi kepada peserta tentang prosedur lomba dan aspek aspek yang menjadi penilaian dalam lomba Kompas ini.

Adapun Tim Juri yang melaksanakan penilaian di Pos atau lomba kompas ini adalah Kak 1. Endang Suryana,S.Kom-ALG dan Untuk menilai Golongan penggalang putri oleh Kak Rissa Septianawati,M.Pd-LG.

Kegiatan Lomba Tingkat III Tahun ini memiliki tema Mandiri, Kreatif, Inovatif, dan Berprestasi dengan Motto Satyaku Ku Darmakan, Dharmaku Ku Bhaktikan, kegiatan dilaksanakan mulai 25 - 28 Desember di Buper Mandala Kitri, dan SMKN 2 Pacet Cianjur sebagai Subcamp LT III tahun 2023. [PKC]


Post a Comment

0 Comments

Sistem Pengarsipan Digital