Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

iklan 728 x 90

Penjelajahan LT III : Lomba Menaksir Tingkat Penggalang SD


PRAMUKACIANJUR.OR.ID
| Hari kedua pelaksanaan Lomba Tingkat Regu penggalang Tiga Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Cianjur (26/12) setelah melaksanakan olahraga pagi dan persiapan pribadi mereka sudah melaksanakan diskusi diskusi kecil untuk mempersiapkan giat penjelajahan yang akan dilaksanakan pagi ini.

Pada Golongan Pramuka Penggalang SD di kegiatan penjelajahan terdiri dari lima jenis lomba diantaranya Lomba Sandi Isyarat dan Semboyan,   menaksir, peta pita, pengetahuan kesehatan dan P3K, dan Simpul/ Ikatan. Sementara untuk Golongan Penggalng SMP  kegiatan penjelajahan ada 2 kegiatan penjelajahan  yang terdiri dari   Packing tahap 2, Sandi isyarat dan semboyan, peta pita dan peta perjalanan, pengetahuan kesehatan dan P3K, Menaksir, dan Baris berbaris serta Yel Regu, Pengetahuan Survival, Sketsa Panorama, Peta lapangan, peta kompas orientering, simpul dan ikatan.

Subsi kegiatan Kelompok IV LT III Kwarcab Cianjur Kak Yati Kusmayati, M.Pd-ALG menjelaskan pelaksanaan Lomba Menaksir Menaksir ketinggian pohon,lebar singai dan kecepatan arus air sungai pada kegiatan Penjelajahan pagi ini bertujuan agar seorang anggota pramuka dapat memperkirakan ukuran/taksir ukur  benda tanpa menggunakan alat ukur.

Menurut Kak Yati Menaksir adalah kemampuan untuk memperkirakan suatu ukuran tanpa menggunakan alat uku, menaksir merupakan salah satu keterampilan penting yang harus dimiliki oleh setiap Pramuka.

" Menaksir tinggi, kuat arus, dan lebar sungai merupakan keterampilan yang sangat penting dalam kegiatan Pramuka, keterampilan ini diperlukan dalam berbagai kegiatan, seperti berkemah, mendaki gunung, dan menyeberang sungai." Ucap Kak Yati.




Kak yati juga menambahkan bahwa secara teknis kegiatan menaksir untuk SD berada di etape 1 dan SMP berada di etape 5, saat masuk pos peserta melaporkan kedatangan kepada petugas, nanti petugas akan s membagikan lembar penugasan kepada peserta yang akan dibagi menjadi 4 kelompok terdiri dari 2 orang Menaksir Tinggi, 2 orang menaksir lebar, 2 orang menaksir kecepatan arus dan 2 orang lagi menaksir berat benda, lalu peserta mengerjakan tugas sesuai dengan waktu yang ditetapkan  dan  menyerahkan laporan hasil tugas kepada juri/petugas.

" Aspek penilaian di lomba ini antara lain Teknik atau metoda menaksir, deskripsi/Laporan Menaksir, hasil menaksir, kerjasama dan kecepatan" Jelas Kak Yati.

Adapun Tim Juri yang menilai lomba ini adalah  untuk Regu Putra dinilai oleh Kak Haslinda D,S.Pd,MMT-LG, Kak Yanti Rosdianti,S.Pd-LSGT, Kak  Eli Latifah,S.Ag,M.Pd.I-MG dan Untuk regu Puteri yang menilai adalah Kak Rahma Nurul R,S.Pd-MG, Kak Debiansah Hamidi,S.Pd-MG dan Kak Diana Kamila Dewi M.Pd-ALG.

Sepertri diberitakan sebelumnya  pada kegiatan Lomba Tingkat III tahun ini ada beberapa lomba yaitu ; Lomba Kehidupan Berkemah, Manajemen Regu,  Reportase, Packing/Manajemen Pengembaraan, Seragam dan Tanda Pengenal, Tata Perkemahan, Hasta Karya, Keagamaan (Kaligrafi), Teknologi IT, Reportase, Pengetahuan umum dan Kepramukaan, Pidato Bahasa Inggris, Dongeng Sunda, Pentas Seni Budaya, Sandi Isyarat dan Semboyan, Peta dan Kompas, Pengetahuan Kesehatan dan P3K, Menaksir, Dinamika Regu, Survival, Simpul dan Ikatan, KIM, Pionering, dan Halang rintang, Selain itu bagi Anggota Pramuka Dewasa ada kegiatan pertemuan pembinaan bagi para Pembina.

Kegiatan Lomba Tingkat III Tahun ini memiliki tema Mandiri, Kreatif, Inovatif, dan Berprestasi dengan Motto Satyaku Ku Darmakan, Dharmaku Ku Bhaktikan, kegiatan dilaksanakan mulai 25 - 28 Desember di Buper Mandala Kitri, dan SMKN 2 Pacet Cianjur sebagai Subcamp LT III tahun 2023. [PKC]

Post a Comment

0 Comments

Sistem Pengarsipan Digital