Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

iklan 728 x 90

Penjelajahan LT-III : Lomba Membuat Sketsa Panorama


PRAMUKACIANJUR.OR.ID
| Lomba selanjutnya dalam penjelajahan  pada Lomba Tingkat  III Kwarcab Cianjur Tahun 2023 adalah Lomba Sketsa Panorama, membuat peta panorama (sketsa) merupakan salah satu materi teknik Pramuka yang bertujuan menggambarkan keadaan suatu daerah dalam bentuk arsiran.

Membuat panorma atau sketsa pemandangan, disebut juga peta panorama, merupakan salah satu teknik kepramukaan (scouting skill) yang harus dikuasai pramuka. Keterampilan membuat panorama atau sketsa pemandangan kerap kali menjadi materi dalam lomba kepramukaan bersama dengan menaksir tinggi, menaksir lebar sungai, peta pita, dan peta lapangan.

Kegiatan lomba ini bertujuan agar peserta LT-II dapat membuat Peta Lapangan dan  dapat mengetahui pengetahuan, kegunaan dan penggunaan kompas, serta membuat peta panorama dengan benar, demikian disampaikan Petugas Pos/ Dewan Juri pada pos  Sketsa Panorama Kak Ginanjar, S.Pd,MG yang didampingi oleh Kak Laelasari selaku Dewan Juri Puteri pada lomba sketsa panorama ini.

Menurut Kak Ginanjar Panorama adalah membuat gambar suatu pemandangan (medan alam) dalam bentuk sketsa (gambar sederhana) yang menunjukkan suatu daerah dengan sudut pandang tertentu. Panorama berguna untuk melukiskan situasi dan kondisi suatu tempat pada satu waktu. Sehingga ketika suatu saat kembali lagi ke daerah tersebut kita akan dapat melihat perubahan-perubahan yang terjadi.

" Sesuai arahan sebelumnya Alat-alat yang harus disediakan antara lain; kertas gambar, pensil (untuk menggambar), penggaris, bolpoint (untuk menulis data-data), kompas, dan alat pembidik. Alat pembidik merupakan alat khusus dengan lubang berbentuk persegi panjang dengan dua garis bersilangan di tengahnya." Ucap kak Ginanjar



Sementara itu kak Laelasari menjelaskan proses dan prosedur kegiatan lomba sketsa panorama dengan membagi peserta menjadi 3 kelompok, kelompok 1  sebanyak 3 org melaksanakan tugas peta Lapangan, kelompok 2 sebanyak 3 orang melaksanakan tugas Peta Kompas Orientering, kelompok 3 sebanyak 2 orang melaksanakan tugas Panorama, jika selesai peserta menyerahkan hasil penugasan kepada petugas/juri.

" adapun penilaian yang dinilai adalah ketepatan membuat  peta lapangan, ketepatan melaksanakan tugas Peta Kompoas Orientering, ketepatan membuat sketsa panorama,  kerjasama dan kecepatan" Ucap kak Laelasari.

Kegiatan Lomba Tingkat III Tahun ini memiliki tema Mandiri, Kreatif, Inovatif, dan Berprestasi dengan Motto Satyaku Ku Darmakan, Dharmaku Ku Bhaktikan, kegiatan dilaksanakan mulai 25 - 28 Desember di Buper Mandala Kitri, dan SMKN 2 Pacet Cianjur sebagai Subcamp LT III tahun 2023. [PKC]

Post a Comment

0 Comments

Sistem Pengarsipan Digital